Panduan Membuat Blog pada Blogspot

1 komentar

Mungkin ada diantara anda-anda yang belum tahu tentang blog dan bertanya-tanya tentang blog, maka saya akan mengulas sedikit tentang blog menurut versi saya sendiri.
1. Apa itu Blog ?
Blog ( singkatan dari Web log) adalah situs yang sifatnya lebih pribadi, yaitu lebih berat kepada penggambaran dari si pembuat blog itu sendiri.


Blog dibuat oleh para desainer penyedia blog agar bekerja secara otomatis dan mudah untuk dioperasikan , jadi bagi kita-kita yang masih bingung dengan bahasa pemrograman untuk membuat sebuah website tidak jadi persoalan.
Apabila anda sudah bisa membuat sebuah account email di internet, maka dalam membuat blog pun saya yakin anda bisa.

2. Cara membuat blog
Seperti halnya e-mail, dalam membuat blog pun kita harus mempunyai sebuah account terlebih dahulu, oleh karena itu silahkan daftarkan diri anda terlebih dahulu di free blog provider (penyedia hosting/domain blog gratis). Free blog provider sangatlah banyak terdapat di internet dan beberapa yang populer saat ini adalah http://www.blogger.com, http://www.wordpress.com serta http://blogsome.com.

Dalam kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang cara pembuatan blog di http://www.blogger.com, Silahkan anda klik gambar dibawah untuk mendaftar.



Setelah anda berada pada situs blogger.com, anda akan melihat gambar seperti gambar di atas. Silahkan lakukan langkah-langkah berikut ini :

1. Klik tanda anak panah yang bertuliskan " CIPTAKAN BLOG ANDA "


2. Isilah Alamat Email dengan alamat email anda (tentunya yang valid)


3. Isikan kembali alamat email anda tadi pada form Ketik ulang alamat email


4. Tuliskan password yang anda inginkan pada form Masukkan sebuah password


5. Isikan kembali password anda tadi pada form Keyik ulang sandi (password)


6. Isi Nama Tampilan dengan nama yang ingin anda tampilkan


7. Tulis tulisan yang tertera pada form Verifikasi Kata. Beri tanda tik/cek pada kotak di pinggir tulisan Saya menerima Persyaratan dan Layanan.


8. Klik gambar anak panah yang bertuliskan "LANJUTKAN"


9. Tuliskan judul blog yang anda inginkan (nanti bisa di rubah lagi) pada form Judul Blog


10. Tulis nama situs anda pada form Alamat Blog (URL)


11. Tulislah tulisan verifikasi yang ditampilkan pada form Verifikasi kata, jika sudah selesai klik gambar panah yang bertuliskan "LANJUTKAN".


12. Pilihlah gambar (template) yang anda inginkan (nanti bisa di rubah lagi), kemudian klik gambar anak panah yang bertuliskan "LANJUTKAN"


13. Setelah keluar tulisan "Blog Anda telah di iptakan". Klik gambar panah bertuliskan "MULAI POSTING". Silahkan anda tuliskan semau anda, jika sudah selesai klik tombol "MEMPUBLISKAN POSTING".

Ini adalah langkah awal anda untuk dapat memulai membuat blog, selanjut nya silakan anda ubah atau anda perbaiki blog anda dengan belajar dan terus belajar untuk pintar.
Anda dapat mempelajari banyak lagi cara untuk membuat blog anda semakin menarik, atau anda dapat juga membuka panduan membuat blog di klik disini

Selamat mencoba semoga sukses, tetap lah Belajar Untuk Pintar
Read more

Tips Tingkatkan IQ Si Kecil

0 komentar

Para ahli menyatakan bahwa ternyata nilai IQ (Intelligence Quotient) seorang anak dapat ditingkatkan melalui beberapa cara. Hal tersebut dikarenakan ada beberapa hal yang mempengaruhi tingkat kecerdasan seseorang, yang bisa dibentuk sejak dalam kandungan dan tahap awal masa tumbuh kembang si kecil. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan IQ buah hati.

1 Konsumsi makan bergizi selama masa kehamilan

Jangan lupa untuk selalu menjaga pola makan selama kehamilan, sangat disarankan untuk mengkonsumsi suplemen makanan yang mengandung kolin, untuk merangsang perkembangan otak janin.

Memperbanyak konsumsi makanan sea food, terutama ikan, dipercaya sangat baik untuk perkembangan IQ .

2 Berikan Air Susu Ibu (ASI)

Menurut analisa riset, beragam asam lemak yang terkandung dalam ASI diyakini mampu meningkatkan kecerdasan. Selain itu, aspek fisik dan emosional dalam proses menyusui dapat menciptakan perubahan permanen pada perkembangan otak si kecil.

Para peneliti juga mengindikasikan kegiatan pemberian ASI meningkatkan interaksi verbal antara ibu dan anak, sehingga membantu perkembangan mereka.

3 Perkenalkanlah permainan catur

Permainan strategi semacam ini mampu melatih kemampuan si kecil untuk menganalisa sebuah masalah dari berbagai sudut pandang. Kemampuan tersebut membantu si kecil dalam menentukan alternatif dan pemecahan dari masalah yang dihadapi.


4 Berikan Binatang Peliharaan

Semakin kuat keterikatan dan perhatian si kecil terhadap hewan peliharaannya, maka akan kemampuan kognitifnya semakin terasah dan bisa membantu meningkatkan nilai IQ.

5 Ajak si kecil untuk berlatih musik atau mengikuti kelas musik

Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang belajar musik memiliki perkembangan IQ yang lebih baik, peningkatannya bisa mencapai 7 hingga 9 poin dalam kurun waktu selama 1 bulan.

6 Kurangi hal-hal yang tidak memberikan pengaruh positif pada perkembangan otak si kecil

seperti misalnya orang-orang dewasa di sekitar si kecil yang menirukan bahasa bayi atau "baby talk" sangat tidak dianjurkan, karena hal tersebut bisa menjadi hambatan bagi si kecil dalam mengenali ragam kosakata baru. Selain pengaruh tontonan yang disajikan cukup mengkhawatirkan, terlalu banyak menonton acara televisi pun ternyata dapat menimbulkan efek depresi pada anak.

Read more

Tips Jadwal Olahraga Harian Bagi Yang Sibuk

0 komentar

Anda tak sempat berolahraga karena sibuk? Barangkali Anda bisa mencoba mengikuti jadwal olahraga harian yang dapat dilakukan di sela-sela kesibukan Anda berikut ini:


Hari Senin :
Bawalah pedometer ketika berjalan kaki. Seorang profesor fisiologi di Amerika mengatakan bahwa melihat angka-angka dapat menjadi insentif kuat untuk memicu orang berjalan menempuh jarak yang

lebih jauh dari sebelumnya. Sebuah studi yang diterbitkan di the International Journal of Obesity menunjukkan bahwa berjalan kaki 9.000 atau lebih langkah per hari mengurangi resiko menderita penyakit jantung, diabetes dan kanker. Tidak perlu pembangunan sarana olahraga / pembangunan fasilitas olahraga yang mahal. Hari Selasa :
Cobalah untuk berjalan kaki ke tempat kerja atau tempat lainnya. Kalau Anda naik mobil, parkirlah mobil di tempat yang jauh. Kalau naik bis atau kereta, turunlah agak jauh dari tempat perhentian. Cobalah berjalan sejauh 1 km, kira-kira selama 15 sampai 20 menit. Berjalan dengan kecepatan tiga sampai empat km per jam adalah kecepatan yang diperlukan untuk mendapatkan kesehatan jantung dan urat darah yang dibutuhkan untuk mencegah penyakit jantung. Jika ada tempat olahraga dan belum dilakukan pemeliharaan sarana olahraga atau pemeliharaan fasilitas olahraga tidak masalah.


Hari Rabu :
Cara lain untuk mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan membakar lebih banyak kalori adalah berjalan-jalan di kantor. Pergilah ke kantin di bawah untuk minum kopi. Gunakan mesin faks yang ada tiga lantai di atas. Daripada mengirim e-mail ke teman kerja Anda, berjalanlah ke kantornya. Gunakan printer yang letaknya paling jauh dari meja Anda. (coba klik: pemeliharaan bangunan)


Hari Kamis :
Letakkan beberapa barbel ringan di meja untuk Anda angkat ketika sedang beristirahat kerja. Cara lain, ikatkan pemberat (misalnya 1 Kg) pada remote control TV. Anda dapat melakukan olah raga kecil-kecilan dengan menggerakkan otot tangan ke atas dan ke bawah setiap kali mengganti saluran kira-kira selama 5-10 menit. Studi menunjukkan bahwa latihan mengangkat dan menahan beban seperti ini mengurangi resiko terkena banyak penyakit, termasuk osteoporosis dan penyakit jantung. Efektif bukan daripada menunggu pemeliharaan sarana olahraga - pemeliharaan fasilitas olahraga.


Hari Jumat :
Manfaatkan waktu menunggu Anda. Berjalan-jalanlah di sekitar gedung kantor pada waktu istirahat atau sekitar ruangan ketika sedang mengantri layanan dokter. Tarik otot-otot tubuh ketika sedang duduk atau berdiri dalam barisan. Tarik perut hingga tulang belakang dan tahan dalam lima hitungan.


Hari Sabtu :
Daripada melewatkan olah raga rutin, lebih baik memperpendek waktu dan menambah intensitasnya untuk meningkatkan kualitas latihan anda. Misalnya, Anda bisa mengurangi waktu bersepeda di tempat fitnes, tetapi selingi dengan dua atau tiga kali bersepeda cepat selama satu menit. Efeketif daripada di gym/tempat yang membutuhkan pemeliharaan bangunan.


Hari Minggu :
Sekali-kali rencanakan kencan dengan melakukan kegiatan olah raga bersama. Bersepeda atau bermain tenis bersama bisa membantu menguapkan energi syaraf. Lebih efektif daripada menunggu pembangunan sarana olahraga maupun pemeliharaan sarana olahraga kan? Lagipula, berolah raga lebih murah daripada pergi berkencan di restoran atau bioskop kan?

Nah,,sekarang giliran anda untuk dapat mem praktikan kegiata itu,
Salam sukses

Dikutip dari :
http://id.88db.com/id/Knowledge/Knowledge_Detail.page/Sport_Fitness/?kid=20626

Read more

Tips Melatih Anak Shalat Sejak Balita

0 komentar

Karena pembelajaran shalat untuk anak usia dini adalah dalam rangka pembiasaan, anda bisa menyediakan sajadah anak yang disukainya agar si anak merasa nyaman, bukan karena kewajiban, maka orang tua dapat melatih anak dengan cara-cara berikut ini :

1.Teladan

Memberikan keteladanan dengan cara mengajak anak melaksanakan shalat berjamaah di rumah. Keteladanan yang baik membawa kesan positif dalam jiwa anak. Orang yang paling banyak diikuti oleh anak dan yang paling kuat menanamkan pengaruhnya ke dalam jiwa anak adalah orang tuanya. Oleh karena itu, Rasulullah saw memerintahkan agar orang tua dapat menjadi teladan yang baik bagi anak-anak mereka. Pada tahap awal, keteladanan yang dapat dicontoh anak adalah gerakan-gerakan shalat.

2.Melatih berulang-ulang

Melatih gerakan dan bacaan shalat pada anak usia dini hendaknya dilakukan dengan cara berulang-ulang Semakin sering anak usia dini mendapatkan stimulasi tentang gerakan shalat, apalagi diiringi dengan pengarahan tentang bagaimana gerakan yang benar secara berulang-ulang maka anak usia dini semakin mampu melakukannya. Begitu juga dengan bacaan shalat. Semakin sering di dengar oleh anak, maka semakin cepat anak hafal bacaan shalat tersebut. S

3.Suasana nyaman dan Aman.

Menghadirkan suasana belajar shalat yang memberikan rasa aman dan menyenangkan bagi anak dalam menerima seluruh proses pendidikan shalat yang diselenggarakan saat anak usia dini mengikuti gerakan orang tua dalam shalat, pada tahap awal terkadang bisa mengganggu kekhusukan shalat orang tua. Orang tua harus dapat memahami bahwa tindakan anak meniru gerakan orang tua adalah proses belajar, sehingga sekalipun anak dapat mengganggu kekhusukan shalat orang tua, anak tidak boleh dimarahi atau dilarang dekat dengan orang tua saat shalat. Pengarahan tentang bagaimana tata cara shalat yang benar kita ajarkan kepada anak setelah proses shalat berlangsung. Dalam tahap lanjut, anak tidak hanya bisa meniru gerakan shalat, tapi juga memiliki kebanggaan untuk menggunakan simbol-simbol islami baik dalam ucapan maupun perilaku dalam shalatnya dan sebagainya. Anda juga bisa mencari toko sprei, toko sajadah, toko bed cover, toko sajadah anak yang menjual aneka bed cover, jual sprei, jual sajadah, jual bed cover, dan jual sajadah anak. Atau jika anda terlalu sibuk bisa mencarinya di sprei online, sajadah online, sajadah anak online, dan bed cover online.

4.Tidak Memaksa

Tidak melakukan pemaksaan dalam melatih anak usia dini melakukan shalat. Perkembangan kemampuan anak melakukan gerakan shalat adalah hasil dari pematangan proses belajar yang diberikan. Pengalaman dan pelatihan akan mempunyai pengaruh pada anak bila dasar-dasar keterampilan atau kemampuan yang diberikan telah mencapai kematangan. Kemudian, dengan kemampuan ini, anak dapat mencapai tahapan kemampuan baru yaitu dapat melakukan gerakan shalat sekalipun belum berurutan. Pemaksaan latihan kepada anak sebelum mencapai kematangan akan mengakibatkan kegagalan atau setidaknya ketidakoptimalan hasil.Anak seolah-olah mengalami kemajuan, padahal itu merupakan kemajuan yang semu. Disamping itu, latihan yang gagal dapat menimbulkan kekecewaan pada anak atau rasa ”tidak suka” pada kegiatan yang dilatihkan. Dengan demikian, saat anak usia dini tidak bersedia diajak shalat bersama, maka orang tua tidak harus memaksakan anak.

5.Tidak membanding-bandingkan

Secara fisik, semakin bertambah usia anak maka semakin mampu melakukan gerakan-gerakan motorik dari yang sederhana sampai yang komplek. Namun perlu diperhatikan adanya keunikan setiap anak. Bisa jadi tahapan perkembangan gerakan motorik antara anak pertama lebih cepat dibandingkan anak kedua. Oleh karenanya, penting bagi orang tua untuk memperhatikan perkembangan seseorang, dan tidak membanding-bandingkan dengan sang kakak atau anak yang lain yang seusia dengan anak. Bisa jadi sang anak lebih cepat bisa mencontoh gerakan shalat dibandingkan dengan sang adik. Dalam kondisi ini orang tua tidak boleh langsung menilai bahwa sang adik tidak pintar seperti sang kakak. Setiap anak harus mendapatkan perhatian dari orang tua hingga muncul penghargaan atas diri anak dan antar sesama anak.

Demikian mungkin dapat anda coba agar anda dapat terbiasa untuk melaksanakan shalat,,
tidak perlu di marahi bahkan perlu di beri peringatan dari orang tua.

di kutip dari : http://id.88db.com/id/Knowledge/Knowledge_Detail.page?kid=10023

Read more

10 CARA BELAJAR AKTIF dan EFEKTIF

0 komentar

Belajar mendadak menjelang ujian memang tidak efektif. Paling nggak sebulan sebelum ulangan adalah masa ideal buat mengulang pelajaran. Materi yang banyak bukan masalah. Ada sepuluh cara pintar supaya waktu belajar kita menjadi efektif.

1. Belajar itu memahami bukan sekedar menghapal

Yap, fungsi utama kenapa kita harus belajar adalah memahami hal-hal baru. Kita boleh hapal 100% semua detail pelajaran, tapi yang lebih penting adalah apakah kita sudah mengerti betul dengan semua materi yang dihapal itu. Jadi sebelum menghapal, selalu usahakan untuk memahami dulu garis besar materi pelajaran.

2. Membaca adalah kunci belajar

Supaya kita bisa paham, minimal bacalah materi baru dua kali dalam sehari, yakni sebelum dan sesudah materi itu diterangkan oleh guru. Karena otak sudah mengolah materi tersebut sebanyak tiga kali jadi bisa dijamin bakal tersimpan cukup lama di otak kita.

3. Mencatat pokok-pokok pelajaran

Tinggalkan catatan pelajaran yang panjang. Ambil intisari atau kesimpulan dari setiap pelajaran yang sudah dibaca ulang. Kata-kata kunci inilah yang nanti berguna waktu kita mengulang pelajaran selama ujian.

4. Hapalkan kata-kata kunci

Kadang, mau tidak mau kita harus menghapal materi pelajaran yang lumayan banyak. Sebenarnya ini bisa disiasati. Buatlah kata-kata kunci dari setiap hapalan, supaya mudah diingat pada saat otak kita memanggilnya. Misal, kata kunci untuk nama-nama warna pelangi adalah MEJIKUHIBINIU, artinya merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu.

5. Pilih waktu belajar yang tepat

Waktu belajar yang paling enak adalah pada saaat badan kita masih segar. Memang tidak semua orang punya waktu belajar enak yang sama lo. Tapi biasanya, pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berkonsentrasi penuh. Gunakan saat ini untuk mengolah materi-materi baru. Sisa-sisa energi bisa digunakan untuk mengulang pelajaran dan mengerjakan pekerjaan rumah.

6. Bangun suasana belajar yang nyaman

Banyak hal yang bisa buat suasana belajar menjadi nyaman. Kita bisa pilih lagu yang sesuai dengan mood kita. Tempat belajar juga bisa kita sesuaikan. Kalau sedang bosan di kamar bisa di teras atau di perpustakaan. Kuncinya jangan sampai aktivitas belajar kita mengganggu dan terganggu oleh pihak lain.

7. Bentuk Kelompok Belajar

Kalau lagi bosan belajar sendiri, bisa belajar bareng dengan teman. Tidak usah banyak-banyak karena tidak bakal efektif, maksimal lima orang. Buat pembagian materi untuk dipelajari masing-masing orang. Kemudian setiap orang secara bergilir menerangkan materi yang dikuasainya itu ke seluruh anggota lainnya. Suasana belajar seperti ini biasanya seru dan kita dijamin bakalan susah untuk mengantuk.

8. Latih sendiri kemampuan kita

Sebenarnya kita bisa melatih sendiri kemampuan otak kita. Pada setiap akhir bab pelajaran, biasanya selalu diberikan soal-soal latihan. Tanpa perlu menunggu instruksi dari guru, coba jawab semua pertanyaan tersebut dan periksa sejauh mana kemampuan kita. Kalau materi jawaban tidak ada di buku, cobalah tanya ke guru.

9. Kembangkan materi yang sudah dipelajari

Kalau kita sudah mengulang materi dan menjawab semua soal latihan, jangan langsung tutup buku. Cobalah kita berpikir kritis ala ilmuwan. Buatlah beberapa pertanyaan yang belum disertakan dalam soal latihan. Minta tolong guru untuk menjawabnya. Kalau belum puas, cari jawabannya pada buku referensi lain atau internet. Cara ini mengajak kita untuk selalu berpikir ke depan dan kritis.

10. Sediakan waktu untuk istirahat

Belajar boleh kencang, tapi jangan lupa untuk istirahat. Kalau di kelas, setiap jeda pelajaran gunakan untuk melemaskan badan dan pikiran. Setiap 30-45 menit waktu belajar kita di rumah selalu selingi dengan istirahat. Kalau pikiran sudah suntuk, percuma saja memaksakan diri. Setelah istirahat, badan menjadi segar dan otak pun siap menerima materi baru.

Satu lagi, tujuan dari ulangan dan ujian adalah mengukur sejauh mana kemampuan kita untuk memahami materi pelajaran di sekolah. Selain menjawab soal-soal latihan, ada cara lain untuk mengetes apakah kita sudah paham suatu materi atau belum. Coba kita jelaskan dengan kata-kata sendiri setiap materi yang sudah dipelajari. Kalau kita bisa menerangkan dengan jelas dan teratur - tak perlu detail - berarti kita sudah paham.

dikutip dari : http://santri3.wordpress.com/10-cara-belajar-pintar/
Read more

Rahasia Rumus-rumus “Cepat” Matematika

0 komentar

Dulu, ketika saya masih baru menjadi mahasiswa baru tingkat pertama, saya berkenalan dengan salah seorang mahasiswa baru lainnya yang di kemudian hari menjadi teman baik saya. Ketika awal perkenalan, kami pun ngobrol kesana-kemari. Tanya sana-tanya sini. Jawab sana, jawab sini. Hingga ia pun akhirnya bercerita bahwaa nilai tes Matematika Dasar-nya, yaitu salah satu mata pelajaran yang diujikan di UMPTN*, adalah 100 alias benar semua.



Mendengar ceritanya tersebut, saya pun terkagum-kagum dibuatnya. Dalam pikiran saya, saya berkesimpulan “Wah ia pasti orang yang sangat pandai”. Rasa kagum saya mendorong rasa ingin tahu saya tentang pengetahuannya dalam matematika. Akhirnya, dalam masa awal perkenalan itu, saya ajak ia ngobrol tentang matematika yang sudah pernah kami pelajari ketika semasa SD sampai SMA dulu.

Dari obrolan tersebut, saya jadi tahu, ternyata ia benar-benar luas pengetahuan tentang matematika yang sudah dipelajarinya. Hingga akhirnya, mungkin untuk menunjukkan kepiawaiannya, ia mengajak saya adu cepat mengerjakan soal matematika.

Mendapat tantangan itu, sebenernya saya ngeper juga. Karena saya merasa tak sepandai dirinya. Namun, karena ini namanya juga bukan lomba dan bukan apa-apa, saya sih mau saja waktu itu. Soal-soal pun dipilih secara acak dari buku kumpulan soal-soal latihan tes UMPTN* dan EBTANAS** beberapa tahun sebelumnya yang masih rajin ia bawa ke mana-mana. Kemudian, adu cepat menyelesaikan soal matematika pun dimulai.

Bagaimana hasilnya? Siapa yang tercepat?

Ternyata benar, dalam beberapa menit saja, teman saya itu berhasil menyelesaikan semua soal yang sudah dipilih tadi (karena yang dipilih cuma 3 soal sih). Dan ia keluar sebagai yang tercepat, menjadi pemenang. Sedangkan saya, satu soal pun belum mampu saya selesaikan. Waktu itu, saya terlalu berkutat dengan soal nomor pertama yang lumayan sukar untuk ukuran saya waktu itu. Walau sudah dengan segenap kemampuan saya berusaha menyelesaikannya, tapi ternyata, sampai waktu habis belum ketemu juga. Saya pun mengakui kelebihan dan kehebatannya.

Dengan sedikit malu-malu, saya bertanya padanya tentang soal yang belum bisa saya selesaikan tersebut. Sambil saya tanyakan pula kenapa ia begitu cepat bisa menyelesaikan soal-soal tersebut. Soal yang waktu itu belum bisa saya selesaikan adalah seperti berikut ini.

Soal: Bila a + 1/a = 5, maka nilai dari a3 + 1/a3 =…

Dengan cepat teman saya itu pun menyelesaikan soal tersebut seperti berikut ini:

a3 + 1/a3 = (a + 1/a)3 – 3a.1/a(a + 1/a) = 53 – 3(5) = 125 – 15 = 110.

Melihat cara penyelesaiannya, saya hanya bisa melongo waktu itu. “Cuma satu baris? Padahal saya mencoba menyelesaikannya berbaris-baris, dan belum ketemu juga”, itu yang ada di pikiran saya. Kemudian, saya pun bertanya ke teman saya itu, kenapa cara pengerjaannya seperti itu?

Dengan senang hati, ia pun menjelaskan ke saya. Ia katakan bahwa, soal semacam tersebut dapat dengan mudah diselesaikan dengan rumus “cepat” berikut ini.

a3 + b3 = (a + b)3 – 3ab(a + b) ………………………………..(1)

Dengan mengganti b dengan 1/a, katanya, maka soal tadi dapat diselesaikan dengan cepat seperti yang sudah dikerjakannya tadi.

Saya yang tak terbiasa menggunakan rumus “cepat” ketika di SMA dulu, penasaran ingin tahu alasan kenapa rumus “cepat” tersebut bisa dipakai. Tapi sayang, teman saya itu tak memberi tahu saya. Malahan ia menambah lagi rumus cepat yang sudah ia ketahuinya, yaitu:

a3 – b3 = (a – b)3 + 3ab(a – b)……………………………….(2)

Akhirnya, ngobrol-ngobrol pun beres. Ia bergegas pulang menuju kost-kost-annya. Saya pun begitu, pulang dengan rasa penasaran yang mengganjal.

Di kost-kost-an, dengan penuh rasa penasaran ingin tahu, saya pun mengutak-atik rumus “cepat” yang telah ia gunakan tersebut. Setelah beberapa waktu lamanya, akhirnya, terpecahkan juga rahasia rumus “cepat” yang dipakai teman saya tersebut. Saya berhasil menelusuri asal-muasal rumus “cepat” tersebut, berhasil menguak rahasianya. (Duh rasanya begitu senang sekali, tak bisa saya ekspresikan dengan kata-kata).

Hasil penelusuran saya tersebut, setelah saya rapikan, seperti berikut ini.

(a + b)3 = (a + b)2(a + b)

= (a2 + 2ab + b2)( a + b)

= a3 + a2b + 2a2b + 2ab2 + b2a + b3

= a3 + b3 + 3a2b + 3ab2

= a3 + b3 + 3ab (a + b)

Jadi, (a + b)3 = a3 + b3 + 3ab (a + b).

Sehingga, a3 + b3 = (a + b)3 – 3ab (a + b). Rumus “cepat” (1) dapat saya buktikan kebenarannya. Kemudian, dengan cara serupa, saya pun berhasil menelusuri asal-muasal rumus “cepat” (2).

Walaupun apa yang telah saya lakukan tersebut sederhana, tapi bagi ukuran saya waktu itu adalah sesuatu yang menggembirakan hati, menyenangkan pikiran, dan memuaskan dahaga keingin-tahuan saya.

Sejak saat itu, bila ada rumus-rumus “cepat” yang saya temui di buku-buku bimbingan tes, saya pun terpacu untuk menelusuri asal-muasalnya. Dengan cara seperti itu, saya seringkali berhasil memecahkan rahasia rumus-rumus “cepat” yang selama ini beredar luas di kalangan siswa yang mengikuti bimbingan test.

Baiklah, segitu dulu saja ceritanya ya…, lain kali insya Allah saya akan membahas baik-buruknya penggunaan rumus “cepat” (Ada satu cerita yang sangat menggelikan tentang hal ini. Mau tahu? Silakan tunggu di postingan mendatang…). Sampai di sini dulu ya…, mudah-mudahan bermanfaat.

Sebagai bahan latihan untuk Anda, cobalah telusuri asal-muasal rumus-rumus “cepat” berikut ini.

oleh: alJupri
di kutip dari :
http://mathematicse.wordpress.com/2007/07/02/rahasia-rumus-rumus-cepat-matematika/

Read more

Jari-jari ala JARIMATIKA, Metode berhitung yang menyenangkan

2 komentar

MATEMATIKA..!
Satu kata yang pernah bikin aku jadi ilfill kalau mendengarnya, karena sebenarnya aku paling tidak suka pelajaran berhitung, mungkin saking ribetnya x yah!
Walaupun demikian, Alhamdulillah, nilai berhitung waktu sekolah cukup lumayan lah, ga jatuh-jatuh amat! .

Nah untuk sekarang sudah ditemukan berbagai macam metode belajar berhitung yang praktis dan menyenangkan, mulailah orang mengenal Metode Sempoa yang berasal dari China, dengan belajar memahami angka-angka pada biji-biji sempoa, kemudian berkembang lagi penemuan terbaru yang lebih praktis dan efektif yaitu dengan Metode Kumon yang berasal dari Jepang, yaitu suatu metode hitung dengan menghafal biji-biji sempoa itu di dalam otak, sehingga proses hitung-menghitung jauh lebih cepat, dan kini ditemukan lagi sebuah Metode Hitung terbaru Matematika yaitu JARIMATIKA, penemunya adalah seorang Ibu Rumah Tangga asal Depok!!!! Subhanallah...

Apa itu JARIMATIKA?
Jari yah.... Jari! (tau kannnnn, alhamdulillah kita semua dikaruniai Jari-jari yang sehat dan lengkap jumlahnya) sedangkan Matika adalah singkatan dari Matematika, Nah kalau digabung definisi JARIMATIKA itu mempunyai arti Menghitung dengan metode Jari-jari kita. Loh...Apa hebatnya? bukankah menghitung pakai jari itu lumrah?..>Eits...tunggu dulu sobat! kalau sekarang Sobat hitung dan buka semua jari-jari kita jumlahnya adalah 10 buah (ada yang lebih gak???) tapi dengan Metode JARIMATIKA, jumlah jari kita yang 10 buah itu 'disulap' menjadi 99 jumlahnya, hm...keajaiban Asmaul Husna rupanya. Kok bisa? yah bisa donk! jadi Jari-jari kanan kita bernilai satuan, dan jari-jari di sebelah kiri kita bernilai Puluhan. Berikut Pemetaan Jari-jari ala Jarimatika :

Tangan Kanan (Satuan)
Jari telunjuk Nilainya adalah 1, kemudian tambah lagi dengan membuka jari disebelahnya yaitu Jari Kanan bernilai 2, Jari manis di urutan ke-3, Jari kelingking di urutan ke-4, kemudian (Nah ini perbedaannya) untuk Menyatakan angka 5, maka buka ibu jari kita seperti ini nah ini bernilai 5, kemudian Buka lagi jari telunjuk disamping Ibu jari tadi, maka nilainya menjadi 6, dibuka lagi seterusnya sampai semua kepalan tangan kita terbuka dan bernilai 9. (Yang paling tinggi 9)...
Nah untuk yang jari-jari di tangan kiri bernilai Puluhan, sama halnya seperti satuan tadi, tinggal ditambahi puluhan saja di belakangnya jadi, kalau kita membuka lebar-lebar ke- 10 jari kita maka totalnya adalah 90 (Jari kiri) dan 9 (jari kanan)...Gitu loh!!! Subhanallah...hebat kan?

Apa bedanya JARIMATIKA dengan SEMPOA atau KUMON????
Perbedaannya adalah terletak pada alat dan Memori otak!, Jika pada metode Sempoa atau Kumon, kita butuh alat hitung terlebih dahulu (Sempoa) dan lalu menghafalkan biji2 sempoa tadi di otak kita, maka yang terjadi adalah pembebanan Memori Otak!.
Sedangkan keunggulan Jarimatika adalah :

* Tidak memerlukan alat hitung, karena sudah dianugerahi oleh ALLAH SWT, Gratis Euy!
* Praktis dan selalu dibawa kemana-mana
* Dijamin tidak akan Disita apalagi diambil sama Ibu/Bapak Guru, jika si anak ketahuan memakai Jari-jari sebagai alat hitungnya pada saat ujian
* Mudah dipelajari dan menyenangkan
* Tidak membebani Memori Otak si anak.
* Ilmu ini mudah dipelajari segala usia, minimal Anak usia 3 Tahun, dan lama belajarnya adalah 1 bulan saja! Kreatif Kan???

Tertarik untuk Belajar JARIMATIKA lebih lanjut??? Hubungi http://pondokilmusakinah.googlepages.com/jarimatika

Read more

PENEMU-PENEMU bag.III

0 komentar

Pengen tau atao pangen kenal sama penemu penemu di dunia?
disini kamu bisa tau siapa aja ciy orang orang hebat di dunia yang bisa bikin penemuan penemuan hebat kaya gitu???



Penemu Mesin uap Adalah James Watt Berasal dari Negara Inggris
Penemu Mesin 4 tak Adalah Nicolaus Otto Berasal dari Negara Jerman
Penemu Mesin diesel Adalah Rudolf Diesel Berasal dari Negara Jerman
Penemu Mesin cetak Adalah Johannes Guttenberg Berasal dari Negara Jerman
Penemu Mesin ketik Adalah Christopher Sholes Berasal dari Negara Amerika
Penemu Radio Adalah C. Marconi Berasal dari Negara Italia
Penemu Televisi Adalah J.L. Baird & C.F. Jenkins Berasal dari Negara Amerika
Penemu Telegrap Adalah Samuel F.B. Morse Berasal dari Negara Amerika Serikat
Penemu Telepon Adalah Alexander Graham Bell Berasal dari Negara Amerika Serikat
Penemu Dinamo Adalah Michael Faraday Berasal dari Negara Inggris
Penemu Elektromagnet Adalah Williarn Sturgeon Berasal dari Negara Inggris
Penemu Bola lampu Adalah Thomas Alva Edison Berasal dari Negara Amerika Serikat
Penemu Proyektor film Adalah Thomas Alva Edison Berasal dari Negara Amerika Serikat
Penemu Piringan hitam Adalah Alexander Graham Bell Berasal dari Negara Amerika Serikat
Penemu Batu baterai Adalah Volta Berasal dari Negara Italia
Penemu Termometer Adalah Galileo Galilei Berasal dari Negara Italia
Penemu Korek api Adalah Robert Boyle, John Walker Berasal dari Negara
Penemu Kapal api Adalah Robert Fulton Berasal dari Negara Amerika Serikat
Penemu Kapal selam Adalah Cornelius van Drebbel Berasal dari Negara Belanda
Penemu Sinar Rontgen Adalah Wilhelm Conrad Rontgen Berasal dari Negara Jerman
Penemu Stetoskop Adalah Rene Laennec Berasal dari Negara Perancis
Penemu Lensa Adalah Anthony Van Leuwenhook Berasal dari Negara Belanda
Penemu Mikroskop Adalah Zacharias Janssen Berasal dari Negara Belanda
Penemu Teleskop Adalah H. Lippershey Berasal dari Negara Belanda
Penemu Kamera Adalah Louis Jacques Monde da Guerre & Edwin Land Berasal dari Negara Amerika
Penemu Pesawat terbang Adalah Wilbur dan 0. Wright Berasal dari Negara Amerika
Penemu Kereta api Adalah Murdocks Berasal dari Negara Inggris
Penemu Sepeda Adalah Civrac Berasal dari Negara Prancis
Penemu Balon terbang Adalah Sir F. Whittle
Penemu Balon karet Adalah Josep dan J. Montgolfier
Penemu Ban karet Adalah Charles Goodyear Berasal dari Negara Amerika
Penemu Barometer Adalah Evangelista, Torricelli Berasal dari Negara Italia
Penemu Dinamit Adalah Alfred Nobel Berasal dari Negara Swedia
Penemu Lensa kaca mata Adalah Benyamin Franklin Berasal dari Negara
Penemu Mesin hitung Adalah Blaise Pascal Berasal dari Negara Prancis
Penemu Mobil Adalah Gottlich Daimler
Penemu Motor Adalah Nikola Tesla
Penemu Tank Adalah Sir Ernest Swinton Berasal dari Negara Inggris
Penemu Traktor Adalah Benyamin Holt
Penemu Tangga jalan Adalah Elis G. Otis Berasal dari Negara Amerika
Penemu Kawat pijar Adalah Irving Langmuir
Read more

PENEMU-PENEMU bag.II

0 komentar

PAUL EHRLICH


http://www.tokohindonesia.com/aneka/penemu/dunia/paul-ehrlich/paul_ehrlich.jpg
Nama:
Paul Ehrlich
Lahir:
Strehlen, Silesia (Strzelin, Polandia), 14 Maret 1854
Meninggal:
Homburg, Prusia, 20 Agustus 1915

Penemuan:
Kemoterapi (ahli bakteriologi, bapak imunologi, hematologi, dan kemoterapi)

Kebangsaan:
Jerman (keturunan Yahudi)

Pendidikan:
Berpindah-pindah di Universitas Breslau, Strasbourg, Freiburg dan Leipzig, meraih doktor pada umur 24 tahun (1878)

Penghargaan:
Hadiah Nobel untuk kedokteran dan fisiologi (1908)

Paul Ehrlich
Bapak Imunologi Penemu Kemoterapi


Ia adalah dokter Jerman, ahli bakteriologi, bapak imunologi, hematologi, dan kemoterapi. Dialah penemu cara pengobatan dengan zat kimia yang disebut kemoterapi. Ia penemu merah tripan (zat warna yang dapat membunuh tripanosoma, hewan bersel satu yang menyebabkan penyakit tidur) dan salvarsan (arsfenamina). Salvarsan dan neosalvarsan adalah obat pertama untuk penyakit sifilis.

Dokter Jerman ini lahir di Strehlen, Silesia (Strzelin, Polandia), pada tanggal 14 Maret 1854 dan meninggal pada umur 61 tahun tanggal 20 Agustus 1915 di Homburg, Prusia. Ia berasal dari keluarga kurang mampu. Orang tuanya, keturunan Yahudi, mencari nafkah dengan membuka warung.

Prestasinya di sekolah tidak menonjol bahkan tergolong rendah. Nilai rapornya rendah. Hanya nilai bahasa Latin dan matematika cukup tinggi. Bahkan sebenarnya ia tidak memenuhi syarat untuk melanjut ke perguruan tinggi. Hanya karena belas kasihan gurunya yang terpaksa mengatrol nilainya agar ia dapat diterima di perguruan tinggi. Di universitas pun prestasinya tergolong rendah. Namun ia orang yang gigih. Dengan bersusah-payah dan berpindah-pindah kuliah di Universitas Breslau, Strasbourg, Freiburg dan Leipzig, akhirnya ia berhasil meraih gelar doktor pada umur 24 tahun (1878) dengan tesis bertajuk “Sumbangan untuk Teori dan Praktek Mewarnai Jaringan”.

Namun prestasi kuliahnya yang jelek bukan karena ia bodoh. Tetapi lebih disebabkan kurangnya waktu untuk belajar. Waktunya banyak disita kege-marannya mencoba bermacam-macam zat warna untuk mewarnai jaringan tubuh yang masih hidup. Di benaknya bergelora cita-cita untuk menemukan sesuatu yang dapat membunuh bibit-bibit penyakit di dalam tubuh manusia tanpa merusak jaringan tubuh. Sebab ia berkeyakinan, bibit penyakit tertentu hanya menyerap zat warna (kimia) tertentu yang bila bibit penyakit itu menyerap zat kimia tertentu lain, bibit penyakit itu akan mati. Pengobatan dengan zat kimia yang diebut kemote-rapi inilah salah satu temuannya.

Ia seorang ilmuwan, yang mempersembahkan penemuannya untuk kepentingan umum dan kemanusiaan. Ia tidak mengaitkan penemuannya dengan uang. Maka layaklah ia dianugerahi Hadiah Nobel untuk kedokteran dan fisiologi pada tahun 1908. sumber dari tokoh Indonesia
Read more

PENEMU-PENEMU bag.I

0 komentar

THOMAS ALVA EDISON


Pengen tau, pengen mengenang, pengen kenal, pengen mengikuti jejak, atau sekedar mengulas balik tentang penemu-penemu di Dunia???
disini akan kami bahas beberapa nama penemu di dunia yang paling terkenal dan penemuanya di akui serta bermanfaat di masyarakat sekarang ini.


http://www.tokohindonesia.com/aneka/penemu/dunia/thomas-alva-edison/thomas_alva_edison.jpg

Nama:
Thomas Alva Edison
Lahir:
Milan, Ohio, Amerika Serikat, 11 Februari 1847
Meninggal:
West Orange, New York, pada tanggal 18 Oktober 1931
Penemuan:
3000 penemuan antara lain lampu listrik
Ayah:
Samuel Ogden (keturunan Belanda)
Ibu:
Nancy Elliot


Thomas Alva Edison
Penemu Terbesar Dunia


Thomas Alva Edison, seorang penemu terbesar di dunia. Bayangkan, ia menemukan 3.000 penemuan, diantara-nya lampu listrik, sistim distribusi listrik, lokomotif listrik, stasiun tenaga listrik, mikrofon, kinetoskop (proyektor film), laboratori-um riset untuk industri, fonograf (berkembang jadi tape-recorder), dan kinetograf (kamera film).

Ia anak bungsu dari tujuh bersaudara, lahir tanggal 11 Februari 1847 di Milan, Ohio, Amerika Serikat. Buah perkawinan Samuel Ogden, keturunan Belanda dengan Nancy Elliot. Sebagaimana umumnya orangtua, Samuel dan Nancy menyambut kelahiran anaknya dengan suka-cita. Tidak ada hal aneh dalam proses kelahiran anak ini. Namun setelah anak ini mulai bertumbuh, terlihat hal-hal ‘aneh’ yang membuatnya lain dari anak yang lain. Bayangkan, pada usia enam tahun ia pernah mengerami telur ayam.

Setelah berumur 7 tahun, ia masuk sekolah. Tapi malang, tiga bulan kemudian ia dikeluarkan dari sekolah. Gurunya menilainya terlalu bodoh, tak mampu menerima pelajaran apa pun. Untunglah ibunya, Nancy, pernah berprofesi guru. Sang ibu mengajarnya membaca, menulis dan berhitung. Ternyata anak ini dengan cepat menyerap apa yang diajarkan ibunya.

Anak ini kemudian sangat gemar membaca. la membaca berbagai jenis buku. Berjilid-jilid ensiklopedi dibacanya tanpa jemu. Ia juga membaca buku sejarah Inggris dan Romawi, Kamus IPA karangan Ure, dan Principia karangan Newton, dan buku Ilmu Kimia karangan Richard G. Parker.

Selain itu, ia juga anak yang sangat memahami kondisi ekonomi orangtuanya. Pada umur 12 tahun ia tak enggan jadi pengasong koran, kacang, permen, dan kue di kereta api. Sebagian keuntungannya diberikan kepada orang tuanya. Hebatnya, saat berjualan di dalam kereta api itu, ia gemar pula melakukan berbagai eksprimen. Bahkan sempat menerbitkan koran Weekly Herald. Suatu ketika, saat bereksprimen, sebuah gerbong hampir terbakar karena cairan kimia tumpah. Kondektur amat marah dan menamparnya hingga pendengarannya rusak.

Kemudian sejarah ilmu pengetahuan mencatat nama orang yang hidup tahun 1847-1931 ini (meninggal di West Orange, New York, pada tanggal 18 Oktober 1931 pada usia 84 tahun), sebagai penemu terbesar di dunia dengan 3000 penemuan. Ia bahkan pernah menemukan 400 macam penemuan dalam masa 13 bulan. *fantastik*

sumber dari tokoh indonesia

Read more

CARA MUDAH MEMBUAT FRIENDSTER

0 komentar

Hari gini gak kenal Friendster? Sebelum melangkah lebih jauh soal Friendster, kita coba belajar cara mendaftar ke Friendster dulu yuk. Nah, pertama kamu kudu punya email. Kalo belum silahkan belajar cara bikin email disini. Kamu tinggal kunjungi aja materi sebelumnya, tentang cara-cara membuat email di yaho,Kalo udah punya, kita bisa memulai sekarang untuk membuat friendster.


1. Kunjungi website Friendster dengan alamat : http://www.friendster.com
2. Kamu akan melihat tampilan halaman utama Friendster seperti ini :



3. Untuk mendaftar kamu bisa langsung klik tulisan Sign Up Now di bawah kotak Sign In seperti ditunjukkan gambar berikut :



4. Berikutnya, kamu bisa mengisi kolom2 yang ada sesuai data kamu. Jangan lupa untuk mengisi kode Verify registration sesuai gambar yang muncul. Beri centhang juga pada kotak pilihan I am over 16 years old dan pilihan satunya lagi.
5. Setelah selesai, langsung aja klik tombol Sign Up
6. Selamat !! Anda sudah terdaftar, berikutnya akan muncul halaman ini :



7. Kalo kamu udah punya beberapa email teman yang udah bergabung dengan Friendster, maka silahkan masukkan email mereka di kotak-kotak yang ada. Kalo belum, langsung aja klik tulisan skip this step.
8. Selanjutnya, kamu ditawari untuk memasang foto. Kalo belum punya, langsung aja klik tulisan skip this step, tapi kalo udah punya, klik tombol browse dan tunjukkan dimana letak file fotomu.
9. Setelah selesai, maka sebuah email akan dikirimkan ke alamat emailmu. Disana ada link verifikasi yang harus kamu klik. Insya Allah akan dijelaskan nanti dipelajaran berikutnya. Sekarang langsung aja klik tombol GET STARTED dan selamat datang di halaman utamamu



Sampai disini, kamu telah terdaftar di Friendster, tapi keanggotaanmu masih belum sempurna, kamu perlu melakukan verifikasi email, gimana caranya? Silahkan lihat pelajaran berikutnya nanti..
Tape enaknyaa kamu cari dulu alamat temen temen kamu yang udah gabung di friendster,,sebage bonus dari aku,,tambahin ajah friendster aku dibawah ni,,,
ucup_romanisti@yahoo.com

selamat mencoba dan salam success,,tetaplah belajar untuk pintar
Read more

CARA MEMBUAT - MENDAFTAR E-MAIL DI YAHOO

0 komentar

Mungkin tiap bulan dua kali dapet sms atau telpon permintaan membuatkan e-mail Yahoo, Friendster, atau Blog, untuk memudahkan aku bikin tutorial di sini cara membuat e-mail di Yahoo, posting berikutnya baru cara bikin Friendster, kemudian cara bikin blog.
Perhatikan : gunakan layar komputer yang terhubung internet seperti warnet atau komputer lab sekolah, karena layar HP tidak mendukung program pembuatan email. berikut akan saya jelaskan langkah-langkah mudah untuk membuat mail di Yahoo.com

Pertama buka www.id.yahoo.com, perhatikan kode A pada gambar di bawah ini :


Klik link Daftar pada kode B

Kemudian isi semua data-data dirimu, seperti gambar di bawah ini :


Kemudian klik tombol Buat Akun Saya perhatikan kode C pada gambar di bawah ini.



Oke, selamat mencoba yaa and …. jangan lupa coba kirim email baru anda dengan mengirim email ke bahtiar_rifai@yahoo.com …. :)

Pembaca yang sudah memiliki email dan ingin meningkatkan kemampuan dengan membuat Friendster, Website atau Blog, arau bahkan membuat facebook, untuk membcari panduan lain tentang cara-cara membuat friendster, web, atau blog, bahkan facebookk, dapat anda cari di sini,karena kami ada dan selalu belajar untuk pintar.

Selamat mencoba dan salam Success
Read more